Latest News

Daftar Travel Haji Umroh

Daftar Travel Haji Umroh

Cara Cek Keberangkatan Haji 2017 Berdasarkan Nomor Porsi Kemenag

Cara cek keberangkatan hajiBagi umat Islam yang akan pergi ke tanah suci dalam rangka berhaji kebaitullah merupakan kewajiban dan merupakan hal yang sangatlah di inginkan oleh seluruh umat muslim di dunia untuk melaksanakan dalam menyempurnakan rukun Islam yang ke-5, tentunya untuk bisa melaksanakan ibadah haji yang dikatakan telah mampu baik secara finansial, kesehatan ataupun mental.

Sebagaimana yang telah kita ketahui beberapa tahun belakangan kuota haji Indonesia sempat di potong sebesar 20% lantaran adanya proyek dari perluasan masjidil haram, namun kini kuota haji 2017 Indonesia sudah normal dengan ditambah lagi yang tadinya hanya 168.000 menjadi 210.000 jama'ah. Sebagai informasi saat ini Kemenag sudah mencatat kurang lebih sekitar 3 juta jama'ah yang sudah masuk dalam antrian haji. Dilihat dari semakin banyaknya yang melakukan pendaftaran untuk pergi Haji maka demikian diberlakukan sistem nomor porsi Haji.

Cara Cek Keberangkatan Haji 2017 Berdasarkan Nomor Porsi Kemenag


Apa itu Nomor Porsi Haji?

Perlu kita ketahui, apa itu Nomor Porsi Haji? Yang dimaksud dengan pengertin dari nomor porsi haji adalah nomor antrian keberangkatan ibadah haji yang terdiri dari 10 digit angka yang akan diperoleh oleh masing-masing calon jamaah haji setelah sudah melakukan setoran awal sebesar 25jt di Bank Penerima Setoran - Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPS-BPIH). Cara cek keberangkatan haji 2017. Dengan menggunakan nomor porsi haji yang sudah didapati oleh calon jamaah haji, calon jamaah haji sudah dapat untuk mengecek waktu perkiraan tahun keberangkatan haji dengan menggunakan cara online maupun offline.

Ketika sudah mengetahui cara cek keberangkatan haji berdasarkan nomor porsi Kemenag, akan tahu manfaat dari nomor porsi itu sendiri yaitu kita dapat mengetahui perkiraan tahun keberangkatan haji yaitu guna mempersiapkan ibadah haji seperti melakukan pelunasan BPIH, persiapan perlengkapan haji yang perlu dibawa atau persiapan pemantapan materi mengenai manasik haji dengan benar sesuai ajaran sunnah tuntunan Rasulullah saw.

Kapan saat yang pas bagi calon jamaah haji untuk mengecek perkiraan tahun keberangkatan haji?

Dihimbau kepada calon jamaah yang sudah mendapati nomor porsi sebaiknya secara teratur untuk mengecek nomor porsi keberangkatan haji, sebab ada perkiraan tahun keberangkatan haji dapat berubah sewaktu-waktu yang dikarenakan ada beberapa hal yang dapat menjadi penghalang, misalnya saja karena saat pengurangan kuota haji akibat adanya renovasi masjidil haram, ada calon jamaah haji yang sedang sakit atau wafat sebelum keberangkatan haji berlangsung dan lain sebagainya.

Nah baiklah langsung saja di bawah ini adalah cara mengecek info daftar tunggu tahun keberangkatan bagi calon jamaah haji berdasar nomor porsi Kemenag di Indonesia secara Online.

1.Sesudah jamaah telah melakukan pembayaran setoran awal haji sebesar sekitar Rp 25juta ke BPS (Bank) maka anda akan langsung memperoleh bukti setoran awal BPIH yang mencantumkan nomor porsi haji. Nomor porsi haji yang terdiri dari 10 digit angka yang telah tercantum pada bukti setoran awal di Bank. Berikut ini adalah contoh nomor porsi haji.


Contoh Nomor Porsi Keberangkatan Haji


2.Bila anda sudah menemukan nomor porsi haji anda, selanjutnya untuk mengetahui perkiraan keberangkatan haji dengan cara online ini sudah dapat dilakukan via HP Android dan iPhone maupun PC Komputer. Silahkan anda kunjungi link ini http://haji.kemenag.go.id/v3/node/955358 lalu ketikkan nomor porsi haji anda pada kolom yang sudah tersedia, kemudian klik tombol CARI.

Cek Keberangkatan Haji Berdasarkan Nomor Porsi Kemenag

Maka dengan otomatis akan terlihat nama dan alamat anda beserta perkiraan tahun keberangkatan haji anda, juga total biaya ONH dan perkiraan sisa pelunasan yang harus dilunasi.

3.Bila dengan menggunakan cara diatas anda belum juga dapat melihat perkiraan keberangkatan haji anda, mungkin saja pada saat itu sedang dalam perbaikan online database rutin yang dikerjakan oleh Kemenag, silahkan cobalah cek kembali di lain waktu, atau anda juga bisa datang langsung ke kantor lokasi Kemenag tempat anda saat mendaftar atau dapat pula dengan cara menghubungi call center haji Indonesia di 021-500425 atau juga bisa menghubungi bagian data Kemenag di Nomor 021-3509181, 021-3509180, 021-3509179, 021-3509178 atau 021-3509177.

Cek Keberangkatan Haji Plus

1.Bila anda merupakan masuk dalam kategori jamaah haji Plus, bisa juga melakukan pengecekan keberangkatan haji Plus seperti di atas, Namun bila belum memperoleh nomor porsi keberangkatan haji, mintalah bantuan kepada travel haji plus tempat anda saat mendaftar sebagai bukti legal kalau anda merupakan jamaah haji yang telah terdaftar di Depag, atau bisa juga menghubungi call center haji Plus Indonesia di nomor 021-34833924.

2.Jamaah harus selalu bersabar dalam menanti antrian keberangkatan haji yang panjang, sebab haji plus pun saat ini harus mengantri beberapa tahun. Apabila calon jamaah haji sudah memperoleh nomor porsi yang sudah diketahui dengan pasti berarti anda merupakan jamaah haji kuota Depag Resmi (Untuk Haji non-kuota tidak terdapat nomor porsi).


Demikian info yang dapat diberikan mengenai Cara Cek Keberangkatan Haji 2017 Berdasarkan Nomor Porsi Kemenag terbaru pada saat ini 2017, semoga bermanfaat dan semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah swt dan mendapatkan predikat haji yang Mabrur