Latest News

Daftar Travel Haji Umroh

Daftar Travel Haji Umroh

Kuota Jamaah Haji Lebih Banyak Dari Pada Petugas

Kuota jamaah haji, Proses dalam pemilihan petugas haji untuk tahun ini telah memasuki pada tahap seleksi administratif di tingkat kabupaten/kota. Seleksi dilakukan dengan ketat. Waktu seleksi tersebut telah dibuka sejak 18 hingga 21 April kemarin. Apabila lolos dalam seleksi ini, para calon petugas haji sudah dapat mengikuti untuk proses selanjutnya di tingkat yang sama.

Jumlah Jamaah Haji Tidak Sebanding Lurus Dengan Petugas

Setelah dinyatakan lolos di keseluruhan tahap seleksi pada tingkat kabupaten/kota, calon petugas akan langsung dikirim ke tingkat  provinsi untuk melalui seleksi kompetensi dan wawancara. "Apabila lolos dalam proses itu, mereka selanjutnya akan mendapat pembekalan selama 10 hari di embarkasi, Namun sangat disayangkan kuota jamaah haji tidak sebanding lurus dengan petugas, tapi tetap harus memberikan pelayanan semaksimal mungkin" jelas Kepala Sub Direktorat Pembinaan Petugas Haji Kementerian Agama yakni Khoirizi.

Setiap kloter, nantinya akan didampingi oleh lima petugas haji, meskipun kuota jamaah haji lebih banyak dari pada petugas. Total, ada sebanyak 2.575 orang petugas haji yang akan menjadi pendamping atau penyerta jamaah di musim haji 2017. Dengan Jumlah itu terdiri dari 1.022 orang dari Kementerian Agama yang akan bertugas sebagai ketua kloter dan pembimbing ibadah haji dan 1.533 dari Kementerian Kesehatan

Dengan kuota jamaah haji yang sudah terdata. Setiap kloternya akan didampingi oleh tiga petugas kesehatan yakni satu dokter dan dua paramedis. Kemudian ada sejumlah 480 orang Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dari Arab Saudi, Kemenag serta instansi yang terkait termasuk TNI/Polri 75 orang dan 286 orang sebagai PPIH Saudi yang nantinya akan dibagi ke dalam wilayah kerja Makkah, Madinah, dan Jeddah.

Khoirizi menuturkan, bahwa sekarang ini sudah ada penambahan jamaah dengan jumlah sebanyak 31 persen tidak berbanding lurus dengan penambahan petugas yang hanya ada13 persen saja. Artinya, para petugas harus bekerja keras dengan jumlah jamaah yang lebih banyak. "Bagaimana dengan keterbatasan kuota petugas yang ada, kita dapat memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan yang maksimal untuk para jamaah haji," ujarnya.

Banyak sekali tantangan yang harus di lewati, salah satu tantangan diataranya dalam penyelenggaraan haji 2017 yakni menghadapi kondisi cuaca Saudi yang sudah diperkirakan akan lebih panas dibanding 2016 lalu. Oleh karena itu, Kemenag akan terus melakukan penyeleksian secara ketat dalam pemilihan petugas agar dapat menjaring orang-orang yang memang memiliki akuntabilitas dan rasa tanggung jawab yang besar, karena dengan cara tersebut setidaknya kemenag memiliki harapan yang besar kepada petugas agar dapat bekerja dengan sebaik mungkin.