Latest News

Daftar Travel Haji Umroh

Daftar Travel Haji Umroh

Cara Perpuhi Solo Hadapi Marak Penipuan Berkedok Umrah dan Haji

Cara Perpuhi Solo, Persaudaraan yang terjalin oleh Para Pengusaha Travel Umrah Haji Indonesia (Perpuhi) Solo membuka layanan pos untuk dapat digunakan oleh masyarakat sebagai tempat untuk pengaduan bagi yang mengalami hal atau tindakan yang kurang berkenan dan melanggar hukum dapat meluputi . Di samping Hal itu karena kini makin marak laporan penipuan yang diselenggarakan oleh travel umrah haji bodong.

Cara Perpuhi Solo Hadapi Marak Penipuan Berkedok Umrah dan Haji

Ketua Perpuhi asal Solo yakni Her Suprabu, mengaku bahwa kasus penipuan haji ini menjadi siklus tahunan yang sulit untuk diberantas. Dengan hal itu, yang dapat menyebabkan tingkat kepercayaan terhadap biro dan travel umrah mengalami penurunan. Adapun cara Perpuhi Solo hadapi marak penipuan berkedok umrah dan haji.

Inilah cara Perpuhi Solo hadapi marak penipuan dengan cara membuka layanan pengaduan dan informasi di kantor sekretariat yang  berada di Dinasty Hotel Solo. Perpuhi juga membuka layanan informasi dengan melalui telepon 08157615865.

“Hingga saat ini banyak sekali keluhan masyarakat, pengaduan permasalahan yang bukan pada anggota kami (Perpuhi). Kami mencoba untuk berusaha membantu mereka dengan membuat pos layanan pengaduan dan informasi. Dimana nanti masyarakat akan mendapatkan informasi dan memilih biro perjalanan umrah dan haji yang dapat dipercaya dan resmi,” jelasnya.

Dirinya juga meminta dan berharap agar masyarakat dapat lebih mewaspadai dan berhati-hati dalam memilih biro perjalanan umrah dan haji. Selain itu, Masyarakat juga diimbau agar tidak tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh biro umrah dan haji yang tidak bertanggung jawab. Selain soal harga, masyarakat juga patut mencurigai dengan menggunakan modus pelunasan pembayaran dengan jadwal pemberangkatan yang terlalu lama.

Pendaftaran dan pelunasan pembayaran sudah dapat dilakukan dari sekarang tapi untuk pemberangkatan ke tanah suci masih harus menunggu hingga tahun depan, hal yang seperti itu kan sudah tidak wajar. Biasanya pelunasan itu sudah dapat dilakukan saat mendekati jadwal pemberangkatan,” tuturnya.

Menurutnya, masih memerlukan edukasi lebih dalam untuk masyarakat yang hendak menunaikan ibadah haji atau umrah, agar tidak terjebak dalam kasus penipuan. “Potensi penipuan dengan melalui penawaran paket umrah sudah banyak, kalau saya melihat pada setiap tahunnya itu selalu ada. Oleh karena itu yang diperlukan oleh masyarakat adalah edukasi, dengan tujuan agar dapat lebih waspada dan tidak mudah percaya dengan penawaran yang menggiurkan,” katanya.

Untuk selanjutnya, Dia menjelaskan masih dalam pengkajian, belum ada standarisasi yang terkait dengan nilai biaya yang harus dikeluarkan oleh biro perjalanan umrah. Namun, dia hanya dapat memberikan contoh rincian untuk pemberangkatan umrah minimal Rp19 juta. Nilai tersebut Rp12 juta di antaranya untuk biaya pesawat dan sisanya untuk akomodasi hotel dan jasa.

Jumlah anggota Perpuhi Solo untuk saat ini kurang lebih ada sekitar 33 biro travel umrah dan haji. Dia mengaku masih ada beberapa travel umrah dan haji yang belum berizin. Namun, dia mendorong agar biro travel umrah dan haji ini untuk mengurus izin dengan segera.