Latest News

Daftar Travel Haji Umroh

Daftar Travel Haji Umroh

Kemenag Bersiap Buka Pelunasan BPIH Tahap 2

Pelunasan BPIH Tahap 2, setelah pelaksanaan pelunasan BPIH tahap 1 selesai dan masih ada kuota yang tersisa, Kementerian Agama (kemenag) sudah bersiap untuk membuka Pelunasan BPIH tahap 2 yang akan di mulai pada Mei ini. Pada pelunasan BPIH tahap 1, pelunasan haji masih menyisakan sebanyak 14.129 orang. 

Kemenag Bersiap Buka Pelunasan BPIH Tahap 2


Kepala Sub Direktorat Pendaftaran Haji Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama yakni Noer Alya Fitra menerangkan, bahwa Kemenag bersiap buka pelunasan BPIH Tahap 2. pelunasan tahap 1 dengan sisa sebanyak 14.129 orang. Yang tidak dapat melunasi karena gagal sistem amat sedikit, kebanyakan disebabkan calon jamaah tidak memiliki uang atau ada keperluan uang di tahun ini.


"Intinya belum siap untuk melunasi biaya haji tersebut," tutur pria. Pelunasan tahap 2 sudah ada keputusan dalam Dirjen PHU yang terkait. Untuk prioritas dalam pelunasan BPIH Tahap 2 untuk mereka yang gagal sistem. Kalau setelah pelunasan mereka yang gagal sistem masih ada sisa kuota, sisanya itu akan digunakan untuk mereka yang pernah melaksanakan haji.

Bila masih ada sisa, sisa kuota yang digunakan untuk penggabungan mahram. Kalau itu pun masih bersisa, baru diberikan untuk lansia minimal usia 75 tahun dan pendampingnya. Untuk penggabungan mahram ini, berlaku bila salah satu mahram misalnya seorang bapak yang telah terdaftar dan berhasil di pelunasan tahap 1 dan ingin menggabungkan pemberangkatan haji bersama anaknya, maka sang anak masuk kedalam pelunasan tahap 2. Tapi, ini hanya berlaku bila mahram kedua sudah melakukan pendaftaran sebelum 1 Januari 2015.

Sementara itu, kuota sisa sendiri akan dibagi sesuai dengan provinsi. Misalnya, di DKI Jakarta sisa kuota ada sebanyak 1.000, angka tersebut juga yang akan dikembalikan ke DKI Jakarta. "Sisa kuota akan diisi oleh jamaah dari provinsi masing-masing sesuai sisa kuotanya, tidak akan diisi oleh provinsi lain," jelas Nafit.

Untuk tahap 2 akan dimulai pada 22 Mei hingga 2 Juni, haji khusus, sedangkan Pelunasan Tahap 2 akan dimulai pada 9-19 Mei 2017.

Koordinasi yang dilakukan dengan bank penerima setoran BPIH (BPS BPIH) sangat intensif. Sebab, bila ada jaringan yang bermasalah dan petugas bank sedang berhadapan dengan calon jamaah haji. Saat ada masalah pada saat itu, harus diselesaikan hari itu juga sehingga Kemenag juga dapat segera untuk bisa memberi penanganan.Pelunasan BPIH Tahap 2, setelah pelaksanaan pelunasan BPIH tahap 1 selesai dan masih ada kuota yang tersisa, Kementerian Agama sudah bersiap untuk membuka Pelunasan BPIH tahap 2 yang akan di mulai pada Mei ini. Pada pelunasan BPIH tahap 1, pelunasan haji masih menyisakan sebanyak 14.129 orang.