KPIH turut memantau, Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) ikut serta dalam memantau proses seleksi Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi pada tingkat Pusat yang digelar oleh Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah di Aula Asrama haji Pondok Gede, Jakarta.

KPIH Turut Memantau Proses Seleksi PPIH

Salah satu komisioner KPHI yakni Samidin Nashir menerangkan, bahwa dengan adanya kedatangan KPHI turut memantau proses seleksi PPIH dan hanya sebagai bentuk pengawasan dini dalam proses penyelanggaraan Ibadah Haji di Indonesia. Selama ini, KPHI selalu hadir dalam setiap proses seleksi calon petugas haji, baik kloter maupun non kloter yang di lakukan oleh Kementerian Agama. 

Pastinya, Tujuan yang dilakukannya itu hanya semata-mata ingin menjadi patner dan mendapatkan kepastian bahwa penyelenggaraan proses seleksi selalu berjalan sebagaimana mestinya, sesuai dengan ketentuan yang sudah belaku. "Kita akan menepis kemungkinan terjadinya proses seleksi yang kurang tepat. KPHI turut memantau sambil melihat langsung tiap prosesnya dalam menilai seleksi calon petugas," terang Samidin Nashir.

Dia juga sangat berharap, agar selama proses seleksi yang dilaksanakan akan menghasilkan calon petugas yang benar-benar berkompeten, loyal, dan berkomitmen tinggi dalam melakukan seluruh tugas dalam pelayanan kepada jamaah haji. Hanya saja, Samidin mengingatkan kembali, untuk tahun ini kuota jamaah bertambah sehingga sangat dibutuhkan petugas yang istimewa.

Kuota petugas haji pada tahun ini akan lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. Padahal, dengan jumlah kuota haji yang lebih banyak pada tahun 2017 ini, pastinya beban kerja pelayanan akan semakin besar. Diperkirakan di Arab Saudi musim haji pada tahun ini diperkirakan akan lebih panas dari tahun lalu.

"Petugas yang terpilih nanti tidak hanya memiliki kualitas yang terkait di bidangnya sendiri, tapi juga mampu di bidang yang lainnya sehingga bisa saling membantu sesama petugas. Kalau ada bagian tugas yang terbelangkai harus disiasati dengan benar dan tepat agar bisa segera untuk diselesaikan," ujar Samidin

Mengangkat tema “Menjaring Petugas Haji Yang Bersih dan Melayani dengan Menjunjung Tinggi Lima Budaya” dalam acara seleksi petugas haji 2017 yang digelar di Aula Asrama Haji . Pelaksanaan seleksi ini yang telah diikuti sebanyak 268 peserta, dengan terdiri dari 83 orang dari unsur Kementerian Agama, 50 orang dari unsur TNI Polri, sebanyak 32 orang dari unsur instansi yang terkait, serta sebanyak 40 orang tim media center. Mereka semua itu akan mengikuti tes tertulis dan wawancara