Latest News

Daftar Travel Haji Umroh

Daftar Travel Haji Umroh

Pemkot Mataram Buka Manasik Haji Gratis

Pemkot Mataram buka manasik haji gratis, Pemerintah asal Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, telah membuka kegiatan bimbingan manasik haji secara gratis tanpa dipungut biaya apapun bagi seluruh jamaah calon haji (calhaj) pada musim haji tahun 2017 ini. Berharap jamaah haji dapat beribadah dengan khusyuk dan benar saat berada disana. Pemerintah Kota (pemkot) juga untuk setiap tahun selalu memberikan pelayanan gratis bagi calon haji yang berupa imuninasi influenza dan meningitis sebelum pemberangkatan.

Pemkot Mataram Buka Manasik Haji Gratis

Kegiatan manasik haji gratis tersebut dibuka langsung oleh Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh, selain itu juga dihadiri juga oleh Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana, serta jamaah calon haji asal Kota Mataram serta jajaran ASN Kota Mataram yang dirangkaikan dengan acara Peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW di Mataram. Dengan Pemkot Mataram buka manasik haji gratis dapat memberikan pengetahuan kepada jamaah seputar haji.

Ahyar mengingatkan kepada calon jamaah haji agar dapat mengikuti kegiatan manasik haji dari awal hingga akhir, Pemkot Mataram buka manasik haji gratis  agar dapat menjalankan rukun haji dengan baik dan benar sehingga mendapatkan gelar haji mabrur.

"Manasik haji ini merupakan peragaan pelaksaan ibadah haji yang sesuai dengan rukun-rukunnya sebagai bekal beribadah, harapannya ketika jamaah sudah sampai di Makkah dan Madinah mampu menjadi jamaah haji yang mandiri, kreatif dan inovatif," jelasnya.

Dikatakan, selain agar dapat mempelajari rukun dan sunnah haji, kegiatan manasik haji yang juga merangkap sebagai wadah silaturrahim antar jamaah agar terbiasa dengan kelompok. "Dengan diadakannya  bimbingan manasik ini, sesama jamaah bisa saling mengenal satu sama lainnya agar lebih dekat sehingga dapat mempermudah komunikasi yang baik," katanya.

Wali kota menuturkan, selain dengan memberikan bimbingan manasik haji secara gratis, pemerintah kota setiap tahun juga akan memberikan pelayanan gratis bagi calon haji berupa imuninasi influenza dan meningitis. "Seluruh biaya yang dibutuhkan untuk pelayanan pemberian dua jenis imuninasi bagi calon haji akan kita tanggung melalui APBD Kota Mataram," jelasnya.

Selain itu, pemkot juga akan memberikan calon haji berupa pakaian lengkap dari bawah sampai atas. Artinya, bagi setiap calon haji akan diberikan sepatu/sandal, pakaian seragam (celana dan baju), peci/jilbab, sehingga jamaah asal kota Mataram saat akan berangkat bisa terlihat kompak.

Ketua Ikatan Pengurus Haji Indonesia (IPHI) asal Kota Mataram yakni H Husnan Ahmadi, yang ikut serta menghadiri dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, jumlah calon haji yang akan mengikuti manasik haji ada sebanyak 651 orang atau sesuai dengan kuota haji yang ada dan ditambah dengan 60 orang calon haji yang masuk dalam kuota cadangan. "Manasik haji untuk tahun ini, akan kita laksanakan hingga 11 Mei 2017. Kegiatan penutupan akan kami laksanakan di Asrama Haji Embarkasi Lombok," terangnya.

Manasik haji dilaksanakan di sejumlah masjid yang sudah ditetapkan pada enam kecamatan, sehingga calon haji hanya dengan mendatangi ke masjid yang lokasinya berdekatan dengan tempat tinggalnya. "Selain pelaksanaan manasik, petugas kami juga akan memberikan bimbingan teknis kepada para jamaah agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan," tuturnya