Jadwal manasik haji, Segala persiapan yang harus dilakukan oleh setiap jamaah akan dibutuhkan dalam proses keberangkatan ibadah haji ke tanah suci Makkah terus dilaksanakan oleh pihak Kementerian Agama (Kemenag) asal Kota Pekanbaru. Setelah sudah melewati berbagai tahapan dalam melaksanakan tahapan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) beserta paspor haji, sekarang sudah gilirannya dalam mempersiapkan kegiatan simulasi atau manasik haji. Jamaah calon haji (calhaj) Pekanbaru diminta untuk mempersiapkan diri.

Ini Jadwal Manasik Haji Kemenag Pekanbaru

Kepala Seksi (Kasi) penyelenggaraan ibadah haji dan umrah Kemenag asal Kota Pekanbaru yakni H Defizon SKom memaparkan, bahwa telah menyusun jadwal manasik haji dengan seluruh  rangkaian kegiatan manasik haji mulai ditingkat Kota Pekanbaru. Kegiatan manasik ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan tentang rangkaian ibadah haji secara teknis di lapangan. Dengan adanya manasik haji, maka calon jamaah diharapkan bisa lebih memahami seluruh rangkaian ibadah haji ketika sudah berada di tanah suci Makkah. Dengan begitu, calhaj harus Dalam pelaksanaan manasik haji diberikan batas waktu selama sepuluh hari. Manasik tingkat Kota Pekanbaru selama dua hari dan tingkat Kecamatan selama delapan hari. Keterbatasan waktu yang tlah diberikan lebih dari sepekan itu dinilai sudah mencukupi untuk kegiatan manasik haji.

Jadwal manasik haji yang telah tersusun dengan baik dan rapih pada tingkat kecamatan baru akan dimulai pada tanggal 6-15 Juli 2017 dikecamatan masing masing,” tutur Defizon.

Defizon menerangkan kembali bahwa untuk mengenai jadwal dan tempat manasik sudah ditetapkan oleh pihaknya. Bagi jamaah calon haji yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang kegiatan manasik haji bisa datang langsung ke kantor Kemenag Pekanbaru dan bertanya pada petugas, atau mendatangi kantor urusan agama (KUA) yang terdapat pada setiap kecamatan sesuai dengan domisili calon jamaah. “Untuk masalah tempat pelaksanaan manasik bisa minta info lebih jelas ke KUA kecamatan masing-masing,” tambahnya lagi.

Selain itu, Untuk puncak kegiatan manasik haji juga sudah dijadwalkan oleh pihak Kemenag Pekanbaru. Jadi, selain melaksanakan manasik di tingkat kecamatan masing masing, pelaksanaan manasik haji juga akan dilaksanakan di Masjid Raya An-Nur. Dalam pelaksanaan kegiatan manasik tersebut selain membahas seluruh rangkaian ibadah haji juga untuk mengetahui pemahaman yang dimilki oleh setiap calhaj tentang rangkaian ibadah haji setelah mengikuti manasik di kecamatan. Pasti akan ada perbedaan pada saat sebelum dan sesudah mengikuti rangkaian manasik, setelah mengikuti akan lebih paham dibandingkan sebelumnya.

Untuk kegiatan manasik haji yang akan di laksanakan bersama-sama di Masjid Raya An-Nur oleh calon jamaah haji Kota Pekanbaru. Dilaksanakan hanya dua kali yaitu pada saat pembukaan pada 5 Juli dan 18 Juli 2017 nanti.

“Insya Allah pelaksanaan manasik haji ini pada tingkat kota Pekanbaru akan dilaksanakan di Masjid Raya An-Nur tanggal 5-18 Juli 2017 mulai pukul 07.15 WIB hingga 12.00 WIB,” tuturnya.