Persiapan haji hampir selesai, Menteri Agama (menag) yakni Lukman Hakim Saifuddin menyatakan, bahwa seluruh persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1438H/2017M sudah hampir 100 persen akan selesai. "Untuk persiapan haji kita di Saudi sudah final. Seluruh penginapan/hotel, baik yang ada di Madinah maupun yang di Makkah sudah seluruhnya disewa untuk jamaah haji sebanyak 204 ribu jamaah haji reguler," jelas Menag di Kantor Kementerian Agama.

Persiapan Haji Hampir 100 Persen Selesai

Dipaparkan Lukman, untuk persiapan haji hampir selesai, mengenai kebutuhan jamaah haji yang terkait dengan angkutan udara, bus shalawat, perusahaan katering, dan kebutuhan lainnya juga telah dipersiapkan seluruhnya. "Segala kebutuhan jamaah haji di Tanah Suci sudah seluruhnya final. Yang belum selesai itu, tinggal beberapa hal di dalam negeri saja seperti paspor, visa, pemeriksaan kesehatan, dan lain sebagainya yang masih dalam proses penyelesaian," terangnya.

Bagi jamaah haji regular mengenai Pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang dibuka dalam tahap II kini telah ditutup pada Jumat 2 Juni, pukul 15.00 WIB. Ada sebanyak 188.389 jamaah yang telah melunasi BPIH pada masa pelunasan tahap I. Sedangakan berjumlah 13.047 jamaah melakukan pelunasan BPIH pada tahap II. Persiapan haji hampir selesai, seluruh kebutuhan tinggal sedikit lagi terpenuhi.

Sampai saat ini pun ternyata masih ada 1.082 jamaah haji yang belum juga melakukan pelunasan BPIH reguler. Dari sisa kuota tersebut akan dimanfaatkan oleh jamaah cadangan yang sudah melakukan pelunasan pada tahap I kemarin sesuai dengan daftar antrian di masing-masing provinsi yang ada.

Sejumlah 5.075 orang yang telah melakukan pelunasan BPIH dengan status sebagai jamaah cadangan. Mereka telah melunasi BPIH pada tahap I dengan catatan akan diberangkatkan jika masih ada sisa kuota pada penutupan pelunasan tahap kedua.

Menurut Keputusan Menteri Agama (KMA) dnegan No 75 Tahun 2017 tentang Penetapan Kuota Haji Tahun 1438H/2017M yang mengatur bahwa kuota haji Indonesia itu berjumlah 221 ribu yang terdiri dari kuota haji reguler yang sebanyak 204.000 dan kuota haji khusus berjumlah 17 ribu. Untuk Kuota haji reguler itu sendiri terbagi menjadi dua, yaitu: sejumlah 202.518 untuk jemaah haji dan 1.482 untuk petugas haji daerah (PHD).

Sebagaimana seperti tahun-tahun yang sebelumnya, jemaah haji Indonesia akan diberangkatkan dengan dibagi menjadi 2 gelombang. Untuk gelombang I rencananya akan diberangkatkan muai pada tanggal 28 Juli - 11 Agustus 2017 langsung menuju ke Madinah. Adapun dengan gelombang II, rencananya akan diberangkatkan pada tanggal 12-26 Agustus 2017 dengan tujuan ke Jeddah.