BRI siapkan living cost, PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk atau BRI ditunjuk oleh Kementerian Agama (kemenag) Republik Indonesia (RI) untuk dapat mendistribusikan uang saku berupa banknotes atau uang kertas asing bagi jemaah haji yang akan berangkat pada musim haji tahun 2017 ini. Dengan total nilai sebesar 302.554.500 Saudi Arabian Riyal (SAR) atau setara dengan jumlah sebesar 81,1 juta dolar AS kepada 201.703 calon jemaah haji.

BRI Siapkan Living Cost Jemaah Haji

Untuk jemaah haji asal Indonesia telah diberangkatkan dari embarkasi di Tanah Air menuju ke Tanah Suci terhitung sejak tanggal 28 Juli 2017 lalu. Adapun, untuk tahun ini kuota nasional telah ditetapkan oleh Menteri Agama (menag) sebanyak 221 ribu orang yang terbagi ke dalam kuota haji regular sebanyak 204 ribu orang dan kuota haji khusus 17 ribu orang. Dengan jumlah tersebut BRI siapkan living cost jemaah haji senilai itu.

Sebelum calon jemaah haji berangkat, masing-masing dari mereka akan mendapatkan uang saku atau living cost. Adanya hal tersebut hanya bertujuan untuk memberikan bekal kepada mereka agar dapat digunakan sebagai kebutuhan hidup sehari-hari dan guna menunjang kepentingan ibadah selama berada di tanah suci. Di tahun ini merupakan sudah keempat kalinya, BRI siapkan living cost dan kembali ditunjuk agar dapat mendistribusikan uang saku berupa banknotes atau uang kertas asing bagi jemaah haji yang akan berangkat di musim haji pada tahun 2017 ini.

“Pada periode keberangkatan jemaah haji pada tahun ini, BRI mendistribusikan banknotes dengan total nilai sebesar 302.554.500 Saudi Arabian Riyal (SAR) atau setara dengan nilai sebesar 81,1 juta dolar AS kepada 201.703 CJH,” terang  Corporate Secretary Bank BRI yakni Hari Siaga Amijarso.

Hari kembali memaparkan, bahwa setiap CJH akan mendapatkan masing-masing 1.500 SAR dengan rincian 3 lembar pecahan 500 SAR. Untuk secara teknis, dalam melakukan penyerahan uang saku ke jemaah calon haji akan dilakukan dengan melalui Panitia Pemeriksa dan Penerima Pekerjaan Pengadaan Banknotes SAR Living Cost yang telah dibentuk oleh Kemenag Tingkat Provinsi setelah mereka melakukan cek kesehatan dan menerima dokumen imigrasi. kabar lainya umroh november ; umroh november 2018

Selain melakukan pembagian living cost, Bank BRI juga membuka gerai money changer BRI untuk memberikan pelayanan penukaran uang SAR dengan pecahan kecil yakni pecahan 1,5 dan 10 SAR di seluruh Embarkasi Haji untuk memberikan kemudahan bagi para Calon Jemaah Haji. Jemaah haji juga akan mendapatkan banknote dengan kurs terbaik.

Ungkap Hari, hal tersebut di atas merupakan sebagai wujud komitmen Bank BRI yang akan untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh lapisan masyarakat.

"Dengan harapan besar dapat membantu para jemaah calon haji dalam mempersiapkan keberangkatannya dan tidak dipusingkan untuk mencari mata uang dalam pecahan Riyal yang akan digunakan untuk bertransaksi di Arab Saudi, terang Hari.