Siapkan fisik dan rohani, Dalam hitungan satu pekan lagi seluruh jamaah haji dari seluruh dunia akan melaksanakan puncak haji di Armina, yakni Arafah, Mina dan Muzdalifah. Pelasanaan wukuf yang akan dilakukan pada 10 Dzulhijjah yang jatuh pada 31 Agustus 2017. Dari Koordinator Konsultan Ibadah Daerah Kerja Makkah yakni Aswadi Syuhada Nuruddin mengimbau kepada  jamaah haji Indonesia agar menyiapkan fisik material. Fisik ini yang berkaitan dengan masalah kesehatan. "Agar tidak dihambur-hamburkan begitu saja sebelum keberangkatan dan segala sesuatunya sudah harus dipersiapkan semaksimal mungkin sehingga kondisi kesehatan jamaah benar-benar fit," terangnya.

Jamaah Haji Siapkan Fisik dan Rohani Jelang Wukuf

Sedangkan di sisi rohaniah, para jamaah harus menguatkan kebulatan tekad atau mental untuk dapat melaksanakan ibadah ini secara sah dan tepat waktu. Keabsahan ibadah yang dimulai dari miqat di tempat tinggal di Makkah, kemudian menggunakan pakaian ihram. Yang tidak kalah pentingnya adalah agar tetap selalu menjaga lisan dari kata-kata yang tidak baik dan disertai dengan akhlak yang mulia. Menjelang wukuf jamaah harus siapkan fisik dan rohani.

"Setelah siapkan fisik dan rohani, jamaah haji selama dalam melakukan perjalanan ini jangan sampai berkata-kata yang tidak baik karena justru akan merusak persaudaraan. Pada intinya jamaah haji  tetap harus antisipasi dengan melakukan kesabaran," jelasnya.

Aswadi memaparkan bahwa, arti wukuf secara harfiah yang berarti berhenti. Tetapi, arti secara maknawinya, wukuf ialah kebulatan tekad jamaah haji untuk dapat menghentikan segala yang tidak diperbolehkan. "Wukuf memiliki nilai-nilai tauhid yang harus diabadikan dan harus diistiqamahkan sepanjang zaman sampai yaumil qiyamah," tuturnya.

Waktu wukuf pada hari Arafah nanti akan di mulai dari tergelincir matahari hingga tanggal 9 Dzulhijjah sampai terbit fajar pada tanggal 10 Dzulhijjah. Wukuf tetap dinilai sah walaupun hanya dilakukan sesaat selama dalam rentang waktu yang telah ditentukan tersebut. Namun, sangat diutamakan jika mendapatkan sebagian waktu siang dan malam.  kunjungi umroh desember ..  umroh desember 2018

Kepada Jamaah haji saat melakukan wukuf dianjurkan banyak berzikir, membaca doa serta memperbanyak membaca Alquran dan istighfar juga tahlil.