Pemberangkatan dari Madinah ke Makkah, Tepat pada kemarin hari Minggu, 20 Agustus 2017 merupakan hari terakhir pemberangkatan jamaah haji Indonesia dari Madinah menuju Makkah. Ada sebanyak 14 kloter terakhir yang mulai berangkat pada pukul 07.00 hingga 12.00 WAS. Dari Madinah, ada ratusan jamaah haji dari embarkasi JKS 44 itu telah menunggu bus di depan hotel Taiba Arac Suites usai melaksanakan shalat Subuh di Masjid Nabawi. Tas dan koper mereka juga sudah berjajar di trotoar. Sambil menunggu bus tiba, ada sejumlah jamaah yang menghabiskan waktunya dengan berfoto bersama.

Terakhir Pemberangkatan dari Madinah ke Makkah Sebanyak 14 Kloter

Embarkasi JKS 44 yang membawa sebanyak 410 jamaah dan diberangkatkan untuk yang pertama kali pada pukul 07.00. Selain dari embarkasi JKS 44, dari embarkasi UPG 18 juga diberangkatkan pada waktu dan jam yang sama. Namun, pada waktu pemberangkatan UPG 18 terjadi molor waktu dari jadwal menjadi pukul 12.00. ada sebanyak 14 kloter terakhir pemberangkatan dari Madinah ke Makkah.

Dari petugas bimbingan ibadah UPG ini terbilang mendadak. "Pada awalnya info yang didapatkan pada pukul 07.00 berangkat tapi adanya antrian mobil yang sangat panjang dan lama jadi mundur waktu, karena terakhir pemberangkatan dari Madinah ke Makkah itu ada 14 kloter," terangnya.

Pria yang berasal dari Sulawesi Barat (Sulbar) tersebut mengaku, bahwa tidak ada masalah mengenai persoalan paspor yang dialami jamaahnya karena selama ini terus berkoordinasi dengan sektor dan Daker. 

Petugas dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Daker Madinah yakni Fadli Kurnia membenarkan pengakuan tesebut bahwa adanya perubahan jadwal berangkat embarkasi UPG 18. Terjadinya keterlambatan itu karena banyak kloter yang berangkat dalam waktu yang bersamaan.  berita lain biaya haji plus  |  biaya haji plus 2022

Sejumlah jamaah haji yang ada sempat mendapatkan kabar akan berangkat pukul 12.00. Namun, pernyataan dari petugas dari UPG 18 dengan menggunakan pengeras suara memberikan pengumuman kepada mereka berangkat pada pukul 12.00 WAS.

Sedangkan untuk embarkasi yang lain yang akan berangkat pada hari ini adalah PDG (Padang) 13, JKS (Jakarta) 45, SOC (Solo) 46, JKG (Jakarta Pondok Gede) 29, JKS 46, MES (Medan) 14, JKS 47, BPN (Balikpapan) 10, BTH (Batam) 13, BDJ (Banjarmasin) 9, PLM (Palembang) 8 dan SOC 47.