Tips terhindar penipuan, Siapa yang tak ingin pergi ke Baitullah untuk dapat menunaikan ibadah haji atau umrah dan menyempurkan rukun Islam kelima dengan biaya yang super murah? Setiap umat muslim pasti menginginkannya, bukan? Namun, cobalah untuk selalu berhati-hati dan waspada serta jeli pada hal-hal berbau "murah". Sebab bisa jadi harga yang ditawarkan dengan menggunakan bahasa promo biaya umrah super murah merupakan praktik penipuan.

Tips Terhindar Penipuan Promo Umrah Murah

Coba tengok kasus yang terjadi pada saat ini dari agen perjalanan PT First Anugerah Karya Wisata ( First Travel). Ribuan jumlah calon jemaah yang sudah membayar biaya umrah dengan harga yang super murah justru kini tidak bisa berangkat menjalankan ibadah umrah ke tanah suci. Oleh sebab itu ada tips terhindar penipuan promo umra murah.

Dengan begitu, bila sudah mengetahui tips terhindar penipuan promo umrah murah, tidak ada lagi koraban-korban selanjutnya. sudah selayaknya kasus yang terjadi kepada ribuan calon jemaah umrah yang mendaftar dengan melalui biro perjalanan yang diduga melakukan penipuan itu kini menjadi pelajaran yang berharga.

Nah, oleh sebab itu Asosiasi Penyelenggara Haji Umroh dan In-Bound Indonesia (Asphurindo) memberikan beberapa tips yang dapat diperhatikan dan dipahami agar calon jemaah umrah terhindar dari praktik penipuan yang memanfatkan promo umrah murah. 

1.Skeptis

Mulailah dari rasa ragu. Setiap tawaran dengan dengan bahasa promo umrah murah yang datang. Apalagi, dapat berangkat dengan biaya yang ditawarkan jauh lebih murah dari biaya wajar berangkat umrah sekitar Rp 20 juta-an.

"Jangan begitu saja langsung percaya dengan promo umrah itu (super murah) deh," papar Ketua Asphurindo Syam Resfiadi.

Bila menemukan biro perjalanan yang memberikan tawaran biaya umrah di bawah batas wajar, maka teliti terlebih dahulu komponen harga apa saja yang membuat biaya umrah yang ditawarkan bisa lebih murah. Misalnya mulai dari harga tiket pesawat, biaya penginapan, transportasi dan sebagainya.  Pastikan merupakan biaya umrah yang wajar dan masuk akal. Bila tidak masuk akal, maka pilihan yang terbaik saat itu adalah menolaknya.

2. Hindari Tawaran Individu

Tawaran untuk bisa pergi umrah dengan biaya murah bisa datang dan ditemukan di mana saja dan dengan siapa saja. Termasuk dari tetangga, rekan kerja, atau bahkan keluarga, apalagi orang yang tak dikenal. Namun, sebaiknya cobalah untuk selalu menghindari promo individu secara door to door semacam itu.

Asphurindo memberikan saran agar masyarakat datang langsung ke kantor agen perjalanan atau asosiasi penyelenggara umrah untuk meminta penjelasan lebih lengkap dari promo umrah murah yang ditawarkan. 

Kenapa? Sebab masyarakat bisa untuk memastikan dan mengetahui langsung promo umrah tersebut. Kalaupun terjadi berbagai hal yang tidak diinginkan, masyarakat harus tahu ke mana ia dapat menuntut pertanggung jawabannya.

3. Cek Izin dan Rekam Jejak

Jangan langsung tergiur begitu saja hanya karena biaya murah yang ditawarkan oleh agen perjalanan umrah. Harus cek dengan teliti apakah biro perjalanan tersebut sudah memiliki izin atau belum dari Kementerian Agama (Kemenag).

Untuk saat ini, bisnis travel umrah masih sangat menjanjikan sekali memperoleh keuntungan besar. Hal ini yang membuat kini banyak perusahaan biro perjalanan travel umrah makin tumbuh dan berjamur di musim hujan.

Namun perlu diingat baik-baik, tidak semua biro itu memilki izin resmi dari Kemenag. Oleh sebab itu, pengecekan izin mutlak dilakukan termasuk rekam jejaknya.

Selain itu juga perlu cek asosiasi penyelenggara haji atau umrah tempat biro perjalanan tersebut bernaung. Dari sana, dapat mencari dan mengorek informasi seputar biro perjalanan tersebut.

4. Unduh Umrah Cerdas

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat segalanya menjadi lebih praktis. Kini, tidak perlu lagi bingung untuk mencari berbagai informasi seputar umrah. semua bisa didapatkan atau diketahui dengan melalui gadget masing-masing. Cobalah untuk mengunduh aplikasi Umrah Cerdas yang terdapat di Google Play Store.

Dengan melalui aplikasi yang diluncurkan oleh Kemenag ini, calon jamaah umrah dapat mengecek jadwal keberangkatan, info kesehatan, biro perjalanan legal, hingga panduan doa manasik juga terdapat didalam aplikasi tersebut. Bahkan, calon jamaah juga dapat membuat pengaduan kepada Kemenag seputar penyelengaraan ibadah umrah dengan melalui aplikasi tersebut. berita lain biaya haji furoda | biaya haji furoda 2022
"Dengan cara, ketika sebelum menerima tawaran umrah murah, lakukan hal ini dengan ketik nama bironya di aplikasi. Nanti dapat diketahui legal tidaknya biro perjalanan umrah tersebut," jelas Syam.