Pemulangan jamaah, Sudah Memasuki hari kedua pemulangan jamaah haji Indonesia, total sudah ada sebanyak 7.258 orang yang telah diterbangkan untuk kembali ke Tanah Air. Sampai dengan hari kedua ini sudah ada 18 kloter dengan total jamaah sebanyak semua 7.258 jamaah yang sudah terbang ke Indonesia, jelas Arsyad Hidayat, Kepala  Daker Bandara di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Hari Kedua Pemulangan Jamaah ke Tanah Air

Menurut dari keterangannya, pada lima kloter yang terbang pada hari pertama pemulangan jamaah, Rabu 6 September kemarin, yaitu kloter pertama dari Embarkasi Medan (MES 01), Jakarta Pondok Gede (JKG 01), Solo (SOC 01), Makassar (UPG 01), dan Padang (PDG 01). 

Jadi, seluruhnya ada sebanyak 13 kloter terbang sepanjang hari ini, pemulangan jamaah ke tanah air, yakni tiga kloter dari embarkasi Surabaya (SUB), satu kloter dari embarkasi Balikpapan (BPN), satu kloter embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG), empat kloter dari Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS), satu kloter dari Medan (MES), dan tiga kloter dari Solo (SOC).

Untuk rencana pemberangkatan pada Jumat hari ini, Arsyad menuturkan akan ada 19 kloter yang kembali diterbangkan dari bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. Jadi, total seluruh jamaah yang diberangkatkan besok adalah 7.649 jamaah.

"Jika digabung semua dengan pemberangkatan besok, sudah hampir 15 ribu jamaah yang meninggalkan Jeddah menuju Tanah Air," terangnya.

Selama dalam dua hari pemulangan, Arsyad mengaku semua berjalan lancar, tidak ada kendala berarti. Namun, masih ada saja jamaah yang terkena penyisiran petugas maskapai karena membawa barang yang tidak sesuai dengan ketentuan. Salah satu barang yang dimaksud berupa air zamzam dalam koper yang terpaksa harus dikeluarkan karena terdeteksi pada saat pemindaian (X-ray). 

"Sekali pun air zamzam dalam koper tetap menjadi perhatian khusus maskapai agar disampaikan ke jamaah tersebut untuk tidak boleh dibawa," tutur Arsyad.

Selain itu, Jamaah juga dilarang membawa gunting, gunting kuku, alat cukur jenggot di dalam tas kabin. Karena barang-barang tersebut termasuk yang akan disita petugas maskapai jika dibawa. Lanjut kunjungi umroh oktober >> umroh oktober 2021