Kiat memilih travel umrah, Pelaksana Humas Kantor wilayah Kementerian Agama (kemenag) dI Yogyakarta yakni Bramma Aji Putra menuturkan, bila ada agen perjalanan yang memberikan tawaran biaya umrah dengan harga di bawah 20 juta saja sudah harus dicurigai. Pasalnya, harga dibawah standar tidak masuk akal jika dihitung dengan pengeluaran yang diperlukan. Seperti harga tiket, penginapan, transportasi, konsumsi dan biaya lainnya.

Kiat Memilih Travel Umrah Dengan Benar

"Untuk mengenai soal harga eceran yang sebenarnya itu harga terkecil dari Kabid PHU kita kemarin sudah mengatakan kisarannya sebesar 20 juta rupiah, kalau ada harga di bawah itu sebenarnya sudah patut untuk dicurigai, masyarakat harus mengetahui kiat memilih travel umrah, salah satunya mengetahui soal biaya umum yang sebenarnya" tutur Bramma.

Senada dengan pernyataannya, Ketua Forum Pengusaha Umrah dan Haji Khusus Yogyakarta (Forpuhy) yakni Tantojuga menjelaskan, bahwa untuk mengetahui kiat memilih travel umrah itu perlu, untuk pembelian tiket saja mungkin sudah memakan biaya 60-70 persen dari total biaya umrah.Oleh sebab itu, jika satu tiketnya saja sekitar 13 juta, ia merasa tidak mungkin bisa biaya umrah dengan harga 15 apalagi 14 jutaan.

Ia pun menilai, masih sangat minim sekali pengetahuan masyarakat mengenai hal ini, tidak jarang malah membuat banyak orang yang pada akhirnya tergiur dengan harga yang tidak masuk akal itu. Belum lagi, dengan masa tunggu haji di Indonesia yang begitu lama hingga bertahun-tahun, membuat tidak sedikit orang yang akhirnya kalap ingin segera ke Tanah Suci dengan berumrah biaya murah.

Bahkan, lanjutnya, pada kasus yang terjadi saat ini oleh First Travel rasa-rasanya tidak mempengaruhi tingginya minat umat Islam di Indonesia untuk pergi ke Tanah Suci. Namun, ia juga mengaku, akibat dari adanya kasus tersebut belakangan ini masyarakat jadi semakin hati-hati dan lebih memilih jika ingin mendaftar umrah.

"Tapi dengan begitu akan lebih baik kedepannya, masyarakat bisa tanya kode booking, tanggal keberangkatan, bahkan kalau sesuai peraturan itu harus ada akad," jelas Tanto.

Untuk mengenai soal tiket, Dari Asosiasi Penyelenggara Haji Umrah dan Inbound Indonesia (Asphurindo), sudah memiliki cara tersendiri untuk dapat menanggulanginya. Wasekjen Asphurindo yakni Wawan Setiawan menerangkan, dalam asosisinya memberikan fasilitasi dengan menyediakan 31 ribu tiket terlebih dulu sebelum jamaah terkumpul.

"Biasanya itu, tunggu jamaah terkumpul baru pesan tiket, Asphurindo pesan sebanyak 31 ribu tiket dulu sehingga tanggalnya sudah pasti dan 31 ribu tiket itu sudah dapat digunakan oleh travel-travel anggota," tutur Wawan. info dari travel tentang promo umroh  /   promo umroh 2020  /  promo umroh 2021

Dari Kementerian Agama itu sendiri telah memberikan kiat-kiat dalam memilih travel agen umrah dan haji yang baik dengan melalui Lima Pasti. Lima Pasti yang terdiri dari pastikan izinnya, pastikan visanya, pastikan jadwal keberangkatan dan tiket, pastikan akomodasi seperti penginapan dan juga pastikan transportasi.