Embarkasi Haji, Komisi IV DPRD Maluku Utara (Malut) meminta kepada Kementerian Agama (Kemenag) agar menjadikan Ternate sebagai daerah embarkasi haji untuk wilayah Maluku dan Papua. "Di wilayah Maluku dan Papua belum ada daerah embarkasi haji. Jadi, Kemenag sebaiknya melakukan pertimbangan Ternate untuk sebagai daerah embarkasi haji untuk wilayah itu," jelas Ketua Komisi IV DPRD Malut yakni Farida.

Ternate Akan dijadikan Embarkasi Haji

Maluku, Maluku Utara (malut), Papua dan Papua Barat selama ini memberangkatkan para jamaah calon haji daerahnya itu dengan melalui embarkasi haji Makassar. Dengan kondisi yang seperti ini, tutur dia, membuat pemerintah harus mengeluarkan anggaran untuk biaya  embarkasi haji yang cukup besar. "Malut, contohnya, hingga mencapai Rp 5 miliar lebih setiap musim haji," jelasnya.

Menurutnya, Ternate sudah sangat layak untuk dijadikan daerah embarkasi haji, karena infrastruktur disana sudah cukup memadai, Bandara Sultan Babullah di daerah ini, misalnya, juga sudah dapat didarati dengan pesawat berbadan lebar.

Selain itu, di Ternate juga sudah ada rumah sakit tipe B yakni RSUD Chasan Boesori yang dapat dijadikan sebagai tempat perawatan bagi jemaah calon haji yang menderita sakit sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci atau pada saat mereka pulang dari Tanah Suci.

Kondisi asrama haji di Ternate, papar Farida, memang benar belum memadai, terutama dari segi kapasitas tempat tidur. Ini karena kondisi asrama haji untuk embarkasi haji minimal berkapasitas 450 tempat tidur saja, sementara ini asrama haji di Ternate baru memiliki sekitar 200 lebih tempat tidur.

"Namun hal demikian, tidak menjadi masalah yang mendasar, karena Pemerintah provinsi Malut akan terus mengupayakan dalam penambahan kapasitas tempat tidur di asrama haji Ternate, termasuk berbagai fasilitas penunjang yang lainnya, baik dengan cara memberikan dukungan dana APBD maupun dari APBN," jelasnya. Informasi berikut nya paket umroh  [  paket umroh 2022  ]  paket umroh 2021

Sebelumnya Gubernur Malut yakni Abdul Ghani Kasuba mengaku, telah mengusulkan Ternate agar dijadikan sebagai embarkasi haji kepada Menteri Agama dan sudah mendapat lampu hijau. Namun, belum dapat dipastikan kapan akan direalisasi, sebab masih harus dilakukan pembenahan, terutama mengenai fasilitas asrama haji yang ada di Ternate