Latest News

Daftar Travel Haji Umroh

Daftar Travel Haji Umroh

Evaluasi Rasio Tenaga Pengawas Haji

Rasio tenaga pengawas hajiRasio yang tepat mengenai tenaga pengawas haji dan jumlah jamaah haji, sampai pada saat ini, masih saja belum ideal. Seharusnya, rasio itu 1:40. Namun, pada saat ini rasio terebut baru mencapai 1:58 dan dinilai masih sangat kurang. Ketua Komisi VIII DPR RI yakni Ali Taher Parasong menjelaskan, bahwa dari pihaknya akan segera mengadakan sebuah rapat kerja dengan pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama (kemenag) dan Kementerian Kesehatan (kemenkes) untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh terkait dengan penyelenggaraan haji 2017. Salah satunya yang akan dibahas ialah rasio tenaga pengawas dan jamaah haji.

Evaluasi Rasio Tenaga Pengawas Haji

Lanjut Ali Taher, Kami menginginkan rasio tenaga pengawas haji agar jumlanya lebih diperbanyak lagi. Karena saat ini yang terjadi rasionya itu hanya 1:58, kami menghendaki paling tidak 1:40. Karena mengingat bahwa jumlah jamaah risiko tinggi cukup banyak, sesuai dengan tahun keberangkatan.

Berdasarkan dari data Kementerian Agama, bahwa jumlah jamaah haji yang telah wafat pada tahun ini tercatat sebanyak 658 orang. Jumlahnya itu diperkirakan meningkat sebanyak 90 persen dibandingkan musim haji pada tahun lalu. Namun, disamping itu Ali juga menegaskan, bahwa saat ini belum mendapatkan laporan secara menyeluruh dan evaluasi langsung dari pemerintah. Rasio tenaga pengawas haji perlu ditingkatkan lagi.

“Dalam rapat kerja bersama dengan pemerintah nanti, pihaknya akan mengecek laporan pemerintah terkait dengan indikator apa saja yang mempengaruhi kesehatan jamaah haji, serta apa saja penyebab para jamaah haji banyak yang meninggal saat masih ibadah haji. Dalam rapat tersebur DPR akan menilai kesiapan pemerintah dalam menangani hal tersebut. Kami sangat menghendaki agar rasionalitasnya itu 1 dokter umum, 1 dokter spesialis dan 4 orang pesawat untuk satu kloternya,” terangnya.

Berbagai macam evaluasi dan masukan pada saat rapat kerja nanti akan dilaksanakan untuk melakukan perbaikan dalam pelaksanaan haji pada tahun berikutnya. Jangan sampai terjadi kejadian yang sama, yang juga sama-sama tidak mengingikan hal itu. Seperti peningkatan jumlah jamaah haji yang wafat. Selengkapnya tentang umroh novemberumroh november 2018

0 Response to "Evaluasi Rasio Tenaga Pengawas Haji"