Latest News

Daftar Travel Haji Umroh

Daftar Travel Haji Umroh

Harga Referensi Umrah Sudah Mulai Disusun

Harga referensi umrah, Untuk mengantisipasi kejadian jamaah tertipu oleh travel nakal dan tidak bertanggung jawab lagi, seperti kasus travel ternama yang belum lama ini terjadi. Kementerian Agama (Kemenag) akan mulai menyusun aturan yang telah dibuat tentang harga referensi penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah. Dimana rencana penyusunan ini telah dibahas sebelumnya bersama dalam focus group discussion (FGD) yang bertajuk “Penyusunan Harga Referensi Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umrah” di Jakarta, pada Selasa 24 Oktober 2017 kemarin.

Harga Referensi Umrah Sudah Mulai Disusun

Dalam pembahasan harga referensi umrah, FGD ini menghadirkan utusan dari asosiasi penyelenggara, PPIU, unsur Kantor Wilayah (Kanwil), serta Internal Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU). Plt Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus yakni Muhajirin Yanis menuturkan, bahwa sebenarnya adanya ide untuk menetapkan harga referensi umrah tersebut sudah ada sejak lama, bukan ada sekarang ini.

“Ide mengenai harga referensi umrah bukan merupakan hal yang baru lagi, melainkan sudah ada sejak beberapa tahun lalu, hanya saja karena tidak mendapatkan lampu hijau dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) sehingga niat itu selalu tertunda terlebih dahulu,” papar Kemenag.

Mulai pada tahun ini, lanjut Muhajirin, keberadaan harga referensi menjadi sebuah kebutuhan semua pihak sehingga Kemenag akan segera menyusun terkait itu. Menurutnya, kini KPPU sudah tidak keberatan dengan adanya kebijakan tersebut.

Dia menerangkan, bahwa Kemenag sudah melakukan diskusi di Kantor KPPU bersama dengan para asosiasi mengenai wacana penetapan harga referensi tersebut. Dalam pertemuan itu, KPPU tetap meminta Pemerintah untuk tetap memprioritaskan penyempurnaan SPM umrah. Namun, adanya penetapan harga referensi tidak dipermaalahkan, selagi itu tidak dimaksudkan sebagai harga minimalnya.

“Itu artinya PPIU tetap diperkenankan untuk menjual paket umrah di bawah harga referensi, apabila saat di audit dan dapat membuktikan kewajaran harganya,” katanya.

Dalam FGD ini telah berhasil untuk memutuskan besaran biaya referensi yang akan diusulkan. Adapun hasil yang diperoleh dari diskusi ini akan difinalisasi oleh Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus sebelum diajukan kepada Menteri untuk ditetapkan sebagai harga referensi penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah. Referensi seputar daftar umroh akhir ramadhandaftar umroh akhir ramadhan 2018

0 Response to "Harga Referensi Umrah Sudah Mulai Disusun"