Jamaah haji tertua, Usia tua tidak menjadi penghalang untuk dapat menunaikan ibadah haji maupun umrah. Di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) terdapat jamaah haji tertua. Jamaah haji tersebut bernama Mariah Margani Muhammad binti Abdul Gani, ia sudah berusia 104 tahun. Saat ini dirinya telah tiba di Asrama Haji NTB pada Jum’at, 6 Oktober 2017. Nenek Mariah telah tiba sekitar pukul 14.00 Wita bersama dengan kelompok terbang (kloter) terakhir jamaah haji asal NTB. Tampak terlihat lelah di raut wajah nenek Mariah. Untaian senyum yang khas dari nenek asal Mambalan, Gunung Sari, Lombok Barat, yang tiada henti-henti terurai dari wajahnya.

Jamaah Haji Tertua Telah Tiba di Lombok

Rahmi, perempuan ini berusia 54 tahun, jamaah asal Gunung Sari. Dia selalu mendampingi nenek Mariah yang merupakan jamaah haji tertua, menuturkan, bahwa kondisi nenek sampai saat ini masih dalam keadaan sehat wal afiat. Selama perjalanan ibadahnya di Tanah uci, nenek tidak mengalami suatu kendala apapun. Pada pendengaran nenek Mariah sendiri kurang baik, karena itu Rahmi kerap seperti orang yang berteriak ketika betanya sesuatu kepada nenek Mariah.

“Ketika pada awal-awal tiba, nenek Mariah kaget karena banyak yang meliputnya sebagai jamaah haji tertua, bahkan nenek sempat meminta pulang karena stress,” Jelas Rahmi.

Namun, kejadian itu hanya berlangsung selama sehari saja. Setelahnya menjalankan prosesi ibadah dengan lancar. Terlebih selama berada di Arab Saudi, Rahmi menerangkan bahwa selama disana nenek Mariah mendapatkan perlakuan yang istimewa dari Kerajaan Arab Saudi. “Saya dan Nenek tidak tinggal di tenda, melainkan di hotel, kemana-mana juga diantar jemput dengan menggunakan mobil,” terang Rahmi.

Perlakuan istimewa yang lainnya adalah barang-barang milik nenek Mariah maupun Rahmi yang berupa tas selalu dibawakan oleh para petugas. Dengan akses beribadah di Tanah Suci yang seringkali mendapat perlakuan khusus. Rahmi yang baru mengenal nenek Mariah saat sebelumnya melakukan pelatihan manasik haji bersamaan. Dirinya sangat bersyukur sekali lantaran niat mulianya itu, mendampingi nenek Mariah dibalas dengan kemudahan dari Allah SWT. “Nenek Mariah benar-benar membawa keberkahan selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci,” papar Rahmi. Kunjungi juga situs resmi umroh desember serta umroh desember 2021