Latest News

Daftar Travel Haji Umroh

Daftar Travel Haji Umroh

Perenovasian Sumur Zam-zam Hingga Ramadhan 2018

Sumur zam-zam, di kota Makkah terdapat air zam-zam, negara Arab Saudi. letaknya itu dekat sekali dengan Ka’bah, yang berjarak sekitar 38 hasta. Zam-zam adalah minuman yang khas bagi umat muslim dengan berbagai macam khasiat kesehatan yang banyak. Air ini berasal dari sumur yang belum pernah mengalami kekeringan selama ribuan tahun, hingga saat ini. menurut dari pakar terdapat 30 unsur yang ada di dalam air zam-zam yang memiliki kualitas air yang sangat baik sekali, alami dan higienis. Air zam-zam terlihat sangat jernih, tanpa adanya campuran warna apapun. Air zam-zam ini juga sering disebut sebagai mukjizat bagi umat manusia dan alam. Air zam-zam yang memiliki kandungan mineral yaitu kalsium, selenium, natrium dan kromium. Selain itu juga terdapat zat-zat alami seperti klorida, sulfat, zat padat, nitrit, mangan dan zat-zat organik.

Perenovasian Sumur Zam-zam Hingga Ramadhan 2018

Saat ini fasiitas pengelolaan air di Sumur Zam-zam sedang dalam perbaikan. Ketua Kepresidenan Dua Masjid Suci yakni Sheikh Abdul Rahman Al-Sudeis menuturkan, bahwa proyek itu dilakukan untuk memastikan agar air zam-zam tidak mengalami gangguan. Raja Salman pun telah menyetujui adanya proyek renovasi tersebut. rencananya proyek itu akan memakan waktu selama tujuh bulan. Proyek baru akan berakhir sebelum bulan Ramadhan 2018 yang akan datang.

Pada pelaksanaan proyek ini terdiri dari dua bagian. Untuk yang pertama membangun saluran agar dapat mengalirkan air zam-zam di area sebelah timur mathaf (tempat untuk thawaf). Lebar saluran tersebut mencapai hingga 8 meter dengan panjang yang dimilikinya 120 meter. Sedangkan, untuk bagian yang kedua dari proyek Sumur Zam-zam ini adalah membangun saraa sterilisasi daerah sekitar air zam-zam. Hal ini dilakukan sambil membuang puing-puing beton dan baja yang digunakan di gudang bawah tanah Masjidil Haram.

Proyek ini juga mencakup adanya pemasangan gypsum yang telah di sterilkan di sekitar sumur zam-zam untuk dapat memasyikan bahwa aliran air stabil. Selama ini air zam-zam selalu dipantau langsung oleh Survei Geologi milik kerajaan Arab Saudi. dimana lembaga ini memiliki tugas untuk melakukan studi dan penelitian untuk dapat menganalisis sifat teknis sumur zam-zam secara rinci.

Sedangkan, untuk tingkat air zam-zam dipantau oleh pemantauan hidrografi, yang dalam beberapa waktu terakhir ini telah berubah dari sitem pemantauan manual menjadi sistem pemantauan digital. Hal ini dilakukan guna untuk melacak tingkat air, konduktivitas listrik, Ph, Eh dan suhu dari Air Zam-zam.

Letak sumur zam-zam sekitar 20 meter dari Ka’bah. Dimana sumur ini merupakan sumur tertua di bumi, sebab air telah mengalir di sana selama 5000 tahun lamanya. Sumur zam-zam suci yang dapat memompa hingga 18,5 liter/detiknya dengan kedalaman yang hanya mencapai 30 meter. Sekitar 120 ton air zam-zam yang diangkut setiap harinya dengan melalui mobil tank ke Masjid Nabawi Madinah. Truk tank ini memiliki spesifikasi yang khusus untuk dapat melindungi air zam-zam yang dibawanya agar tidak terkontaminasi. Lalu, sesampainya di Madinah Air Zam-zam. Yang telah disediakan dalam 7.000 wadah steril yang diditribusikan di dalam dan di sekitar Masjid Nabawi. informasi lainnta tentang umroh akhir ramadhanumroh akhir ramadhan 2018

0 Response to "Perenovasian Sumur Zam-zam Hingga Ramadhan 2018"