Latest News

Daftar Travel Haji Umroh

Daftar Travel Haji Umroh

Persiapan Umroh Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Persiapan Umroh – Apakah makna sebenarnya dari ibadah umroh itu? Umroh dapat dikatakan juga sebagai haji kecil yang dapat dilaksanakan kapan saja dan bahkan boleh dlakukan secara berulang-ulang. Berbeda dengan waktu pelaksanaan ibadah Haji, pelaksanaannya itu ditentukan satu kali dalam setahun yakni pada tanggal 8 Dzulhijjah. Umroh dikatakan sebagai haji kecil, sebab dalam pelaksanaan dan kegiatannya itu hampir serupa dengan ibadah haji, hanya saja soal waktu saja yang membedakan keduanya itu. Dan bukan suatu hal yang aneh ketika mayoritas jamaah haji dan umroh kembali ke Tanah air sambil membawa oleh-oleh khas Arab Saudi diantaranya adalah air zam-zam (air yang selama ini selalu dipercaya sebagai wasilah penyembuh berbagai penyakit dan lainnya), alat shalat, perhiasan, kacang arab, kismis, ruthob, kurma, dan masih banyak lainnya. Mendapatkan kesempatan untuk bisa berkunjung ke Baitullah merupakan salah satu momen yang sangat diharapkan bagi umat Islam. Selagi diberi kesempatan oleh Allah SWT, juga wajib hukumnya untuk mempersiapkan segala hal yang akan dibutuhkan dengan sebaik mungkin, agar ibadah umroh berjalan dengan lancar dan tidak ada suatu hambatan apapun.

Persiapan Umroh Sebelum Berangkat ke Tanah Suci

Ibadah umroh, tidak hanya bermakna sebagai sebuah perjalanan ke Tanah suci, Makkah dan Madinah, yang berisikan serangkaian ibadah akan tetapi juga memiliki makna yang lebih dalam untuk dapat memperoleh ridho dari Allah SWT. Untuk dapat merencanakan segala persiapan umroh sebelum berangkat ke Tanah suci bukanlah suatu hal yang mudah, karena mengingat banyaknya perencanaan matang yang dibutuhkan, baik itu dari segi mental, spiritual serta material.

Ada juga beberapa aspek yang sangat perlu untuk dipersiapkan selain kesiapan hati, juga kesediaan finansial serta langkah preventif terhadap diri akan berbagai macam risiko yang mungkin saja terjadi. Terlebih lagi bagi kaum hawa yang persiapannya itu relatif lebih banyak dibandingkan dengan persiapan umroh jamaah laki-laki. Nah, apakah Anda saat ini sedang melakukan persiapan umroh? Jika iya, maka tidak ada salahnya untuk melakukan segala hal persiapan umroh sebagai berikut ini:

1.Persiapan Fisik, ibadah umroh itu melibatkan berbagai serangkaian kegiatan yang sangat memutuhkan kondisi fisik yang kuat dan sehat. Oleh sebab itu para calon jamaah umroh wajib mempersiapkan tubuhnya agar selalu dalam keadaan sehat hingga hari pelaksanaan umroh tiba. Persiapan fisik yang dapat dilakukan oleh para jamaah umroh yang paling utama adalah melakukan olahraga secara rutin. Akan tetapi tidak perlu berolahraga yang berat, cukup yang ringan saja. Salah satunya jogging dan senam kebugaran.

Faktor makanan sehari-hari yang dikonsumsi juga tidak boleh luput dari perhatian. Pastikan makanan yang Anda konsumsi itu bergizi dan kaya vitamin. Usahakan Anda tidak banyak melakukan aktivitas yang dapat menguran tenaga, apalagi hingga memaksa Anda tidur terlalu larut. Kurannya jam istirahat di waktu malam hari akan membuat tubuh menjadi lebih mudah lelah. Jika perlu, Anda dapat mengkonsumsi multivitamin untuk dapat menjaga daya tahan tubuh agar tetap bugar.

Sebab tubuh yang sehat dan bugar itu merupakan syarat utama agar dapat melakukan segala aktivitas ibadah yang nyaman dan khusyu’.

2.Persiapan Rohani, selain membutuhkan tubuh yang sehat dan bugar, kondisi mental atau rohani juga dalam keadaan prima. Agar saat menjalankan ibadah umroh kita diterima oleh Allah SWT, tetapkan niat anda itu semata-mata hanya karena Allah dan jauhkan dari segala macam prasangka buruk sebelum berangkat ke Tanah suci. Perbanyaklah menjalani amalan wajib dan sunnah agar semakin dekat dengan-Nya, Allah SWT. Sebaiknya untuk lebih memantapkan diri sebelum berangkat sambil mengahafal doa-doa umroh, termasuk dengan tata cara umroh serta berbagai hal yang masih berkaitan dengan ibadah umroh.

3.Persiapan Logistik, persiapan logistik itu dapat dikatakan sebagai persiapan umroh yang paling rumit, terutama bagi kaum wanita. Pada saat akan menyiapkan perlengakapan ibadah umroh, bagi calon jamaah wanita disarankan agar membawa perlengkapan sesuai dengan kebutuhan saja agar tidak perlu membawa beberapa macam tas. Para jamaah juga disarankan untuk membawa tas dan koper tidak lebih dari tiga buah tas, yakni koper besar, tas jinjing dan tas kecil. Kemudian, kira-kira apa saja perlengkapan umroh yang harus ada di dalam koper dan tas situ?

Isi koper Utama dengan pakaian salin paling tidak lima potong, pakaian muslim, pakaian tidur, pakaian santai, dengan jumlah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan waktu selama disana. Usahakan pakaian yang dibawa dapat menyerap keringat dan lembut. Tidak lupa peralatan shalat, perlatan mandi dan aksesoris seperti kacamata hitam, masker, kaos kaki dan jaket.

Isi Tas jinjing dengan satu set pakaian ihram, satu set pakaian dalam, sarung tangan, satu pasang kaos kaki dan obat-obatan pribadi. Sedangkan, isi tas kecil dengan paspor, dompet dan tanda pengenal serta dokumen pendukung lainnya.

Demikianlah informasi umum mengenai persiapan umroh yang perlu diketahui bagi Anda yang akan melaksanakan ibadah umroh di Tanah suci. Siapkan selengkap-lengkapnya agar perjalanan umroh Anda itu nyaman dan tidak ada suatu kendala apapun. Semoga ibadah Anda diterima oleh Allah SWT dam menjadi mabrur dan maqbul. umroh akhir ramadhan  | umroh akhir ramadhan 2018

0 Response to "Persiapan Umroh Sebelum Berangkat ke Tanah Suci"