Referensi harga umrah, Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh) menyebutkan harga minimal musim haji untuk dijadikan sebagai acuan penetapan rekomendasi referensi biaya umrah. Sekjen Himpuh yakni Muharom Ahmad mengatakan, bahwa ini penetapannya harga minimal di musim atau periode paling murah. Telah disepakati harga minimal musim haji senilai 1.650 dolar Amerika Serikat (AS) untuk dapat dijadikan sebagai referensi harga ibadah umrah murah. Penetapan harga tersebut berasal dari harga paling murah selama musim umrah di Tanah suci.

Referensi Harga Umrah Paling Murah

Muharom juga memastikan bahwa referensi harga umrah dalam penetapan harga ini sudah mempertimbangkan dari standar minimal pelayanan pada jamaah. Terkait dengan hal itu, penetapan harga menitikberatkan pada komponen biaya tiket serta harga hotel bintang tiga termurah. “Kita akan menggunakan harga yang paling murah selama satu tahun dalam periode tertentu,” ujarnya.

Muharom pun tak menampik bahwa sebenarnya harga hotel bintang tiga sepanjang tahun selalu berbeda-beda selama musim umrah. Dengan referensi harga umrah dari biaya minimal paling murah di angka 1.650 dolar AS berasal dari harga yang paling murah pada penyelenggaraan ibadah umrah ini.

Harga senilai itu pun masih menyesuaikan jarak hotel dengan masjid maksimal satu kilometer (km). sementara itu untuk penetapan pesawat, dari kesepakatan pemerintah dan asosiasi adalah memilih penerbangan yang paling sedikit perpindahan pengangkutan (transit).

Kementerian Agama (Kemenag) berencana akan membuat standar minimal harga referensi bagi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Menag Lukman Hakim Saifuddin memaparkan, bahwa dalam rencana itu memiliki tujuan agar dapat menghindari biro perjalanan yang menetapkan harga murah, tetapi akan merugikan jamaah yang mendaftar di biro tersebut.

Tawaran umrah dengan harga murah yang ditawarkan oleh masyarakat kerap terkait dengan pola bisnis yang digunakan oleh agen travel. Ada juga pola bisnis konvensional dengan margin keuntungan yang masih wajar namun ada pula dengan skema-skema yang tertentu. Belum lama ini ada sebuah travel ternama yang menggunakan pola bisnis agen travel dengan skema diluar kebiasaan yang mencuat yakni dengan memberangkatan calon jamaah umrah dengan menggunakan skema money game Ponzi.

Dimana skema ini bukanlah skema bisnis baru. Skema investasi yang seperti ini merupakan modus penipuan yang usianya sudah ratusan tahun. Namun, hingga kini masih saja banyak yang terjebak oleh skema Ponzi. Dalam skema ini, kuncinya adalah harus ada calon jamaah baru. Bila tidak ada lagi calon jamaah baru maka dana untuk memberangkatkan calon jamaah yang lebih dulu mendaftar akan terputus, artinya gagal berangkat.

Oleh sebab itu, masyarakat disarankan untuk terlebih dahulu mengecek izin dan rekam jejak agen travel dari berbagai sumber yang ada. Selain itu, dihimbau kepada masyarakat agar meminta segala informasi secara rinci promo umrah yang ditawarkan dengan mendatangi langsung ke kantor agen travel tersebut. hal itu dilakukan agar terhindar dari oknum yang tidak bertanggungjawab. harga umrah lainnya pada harga umroh akhir ramadhan | harga umroh akhir ramadhan 2018