Thaharah kunci utama, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Penyabungan kembali memberikan fasilitas dalm pelaksanaan bimbingan manasik haji bagi calon jamaah haji (calhaj) Kecamatan Penyabungan. Dalam kesempatan ini, Ketua MUI Kabupaten Mandailing Natal yakni H Mahmuddin Pasaribu menyampaikan sebuah materi tentang thaharah. Tutur dia, thaharah memiliki peranan yang sangat penting dalam ibadah.

Thaharah Kunci Utama Ibadah Haji

Thaharah kunci utama yang sangat penting dalam pelaksanaan segala ibadah, tidak akan sah shalat yang kita kerjakan, puasa dan termasuk ibadah haji jika kita tidak dalam keadaan thaharah dalam melaksanakan ibadah-ibadah tersebut. Oleh sebab itulah, hal  yang menjadi sebuah prioritas utama  kita sebelum memulai pelaksanaan suatu ibadah,” terangnya.

Dijelaskan olehnya, bahwa thaharah kunci utama ibadah. Thaharah adalah bersih dan suci dari kotoran, dari najis baik itu najis haqiqi yaitu khabats (kotoran) atau najis hukmi, yaitu hadas, baik hadas kecil maupun hadas besar.

“Suci badan, pakaian, dan tempat pelaksanaan ibadah dari najis merupakan thaharah haqiqi ataupun thaharah hukmi, adalah suci anggota wudhu dari hadas dan suci seluruh anggota zahir dari janabah (junub), sebab ia sudah menjadi syarat yang tetap dan utama bagi sahnya pelaksanaan ibadah termasuk dalam pelaksanaan rangkaian ibadah haji,” sambungnya.

Selain thaharah lahiriyah, namun yang lebih penting bagi calhaj ialah thaharah bathiniyah dimana suci dari segala kemusyrikan dan dari segala perbuatan dosa, demikian juga dengan penyakit hati, seperti dengki, hasad, dendam dan lain sebagainya, dalam menjalankan segala rangkaian ibadah haji.

Thaharah lahiriyah dan bathiniyah, kedua itu merupakan dua hal yang harus diketahui dan dilaksanakan oleh calhaj yang akan melaksanakan ibadah haji di Tanah suci, agar dalam pelaksanaan ibadah haji sah dan memperoleh haji yang mabrur, sebab kunci itama dari setiap pelaksanaan ibadah ditentukan oleh thaharah,” tegasnya.

Dia juga menuturkan, bahwa ada dua fungsi utama yang dimiliki thaharah, yang pertama ialah dengan membiasakan hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan, yang kedua merupakan sarana yang paling utama dan penting serta sangat urgen untuk dapat melakukan komunikasi langsung dengan Allah SWT.

baca lainnya:
umroh ramadhan
umroh ramadhan 2022