Karpet Hijau di Masjidil HaramPercaya atau tidak bahwa ada sekitar 30.000 karpet hijau yang terhampar menutupi area Masjidil Haram dengan panjang totalnya itu mencapai hingga 100 meter. Selama ini Raja Salman selaku Penjaga Dua Masjid Suci yakni Masjidil Haram dan Masjid Nabawi  selalu saja memberi perhatian khusus pada karpet yang berbau mawar halus itu. tujuannya agar para peziarah dapat menjalankan rangkaian kegiatan keagamaan mereka dengan khuyuk dan senang hati.

Karpet Hijau di Masjidil Haram Mendapat Perhatian Khusus

Pekerjaan pemeliharaan karpet hijau di Masjidil Haram itu adalah melakukan penghapusan debu dan memberikan perlindungan sanitasi. Jadi, akan selalu ada petugas yang bertanggung jawab atas karpet-karpet hijau tersebut. baik mengawasi pada setiap bagian karpet secara lengkap dan menyeluruh. Kemudian, mereka menyelesaikan lima tahap dalam pembersihan di gudang karpet yang telah tersedia.

Di mana pada tahap pertama pembersihan karpet hijau di Masjidil Haram, debu dan kotoran lainnya di lepas dengan menggunakan mesin yang berteknologi tinggi. Kemudian, karpet hijau dicuci dengan menggunakan deterjen dan desinfektan. Selanjutnya, pada tahap kedua pembersihan karpet dilakukan dengan menggunakan mesin yang tidak membutuhkan tenaga kerja manusia untuk bisa beroperasi.

Setelah sudah di proses dengan mesin tersebut, karpet dibilas dan ditempatkan di jembatan yang bergerak di mana mereka telah siap untuk ke tahap yang berikutnya. Pada tahap ketiga ini, karpet hijau kemudian dilakukan pengeringan secara otomatis. Di mana kecepatan pengeringannya itu adalah tiga karpet setiap satu setengah menit.

Setelah itu, karpet dijemur oleh para pekerja di bawah matahari selama sehari penuh di musim panas, dan selama dua hari jika di musim dingin. Kemudian karpet hijau kembali dibersihkan dan dilakukan perawatan serta memberikan pengharum dengan aroma bunga mawar.

Pada tahap yang keempat, karpet dibersihkan dengan menggunakan sapu secara hati-hati agar tidak ada lagi sisa debu yang menempel. Setelahnya, karpet disemprot dengan larutan mawar untuk menyelesaikan seluruh proses pencucian dan desinfeksi.

Kapala pengawas proses pencucian karpet hijau dan gudang mengatakan yakni Mohammed Al-Otaibi mengatakan, bahwa gudang karpet tersebut menerima sebanyak 200 karpet untuk setiap harinya. Karpet hijau di Masjidil Haram yang kan dibersihkan itu kemudian diurutkan, diproses dan dipelihara secara berkala oleh pekerja yang memang sudah terlatih sebelumnya. perhatikan juga paket umroh ramadhan murah | umroh ramadhan murah 2018