Waspadai Sengatan Panas – Dokter penyakit dalam yakni Anna Uyainah menuturkan bahwa sengatan panas atau heat stroke merupakan suatu kondisi yang sangat berat sekali bagi tubuh akibat dari cuaca panas sebab tubuh tidak dapat mengontrol suhu badan. Suhu badan yang terus meningkat dengan cepat hingga 41 derajat celcius dalam wakto 10-15 menit dan tubuh yang tidak dapat mengeluarkan keringat. Heat Stroke dapat memperberat kondisi seseorang yang sedang sakit dan dapt menyebabkan kematian. Gejala terkena sengatan panas antara lain adalah suhu badan lebih dari 39,5 derajat celcius, panas dan kering, kulit menjadi merah, nadi cepat dan kuat, pusing, sakit kepala dan muntah-muntah.

Waspadai Sengatan Panas Saat Ibadah Umrah dan Haji

Waspadai sengatan panas saat melaksanakan ibadah haji maupun umrah. Berikut dibawah ini adalah pencegahan sengatan panas bila berada di pondokan :
1.Berdiam diri di tempat yang sejuk seperti Ac, water cooler, kipas angin atau seejenis lainnya yang dapat menambah rasa nyaman.
2.Istirahat yang cukup agar badan tidak mudah lelah.
3.Minum air putih secukupnya, setiap hari lima hingga enam liter air atau satu gelas air setiap jam, jangan menunggu sampai haus. Sebab minum dapat berguna untuk menjaga kesimbangan cairan tubuh.
4.Hindari minuman yang berasa dan berwarna, seperti teh, syrup, kopi dan minuman rasa lainnya.
5.Mengkonsumsi makanan yang bergizi secara teratur dan pastikan tidak memakan-makanan yang sudah basi dan berubah rasa. Konsumsi juga buah-buahan dan sayur-sayuran terutama yang banyak mengandung air seperti ketimun, jeruk, semangka, melon, pisang dan lain sebagainya.
6.Gunakanlah pakaian yang longgar-longgar dan berbahan katun untuk waspadai panas. Dan pilihlah warna baju yang cerah-cerah agar mudah menyerap keringat.
7.Periksalah kesehatan badan secara rutin bagi risiko tinggi. Bagi jamaah haji maupun umrah yang memiliki keluhan atau penyakit hipertensi (darah tinggi), lemah jantung (sesak napas dan kaki bengkak), penyakit saluran pernapasan (sesak napas, batuk lama), penyakit ginjal (bengkak dan sesak) serta gangguan perilaku (sering lupa dan stress) wajib, untuk memeriksakan kesehatan secara teratur di dokter sejak dari Tanah air dan selama berada di Arab Saudi.

Lakukanlah pemeriksaan tekanan darah, kolestrol, gula darah secara berkala dan teratur. Jamaah haji maupun umrah harus minum obat secara teratur sesuai dengan anjuran dokter. Waspadai sengatan panas agar dalam melaksanakan ibadah di Tanah suci khusyuk. Jika ada obat-obatan pribadi agar dibawa selalu di dalam tas kecil yang telah disediakan dengan jumah yang cukup untuk selama berada disana. Jika lupa, segeralah melapor ke dokter kloter. Ceritakan dan sampaikanlah penyakit apa yang sedang di derita oleh jamaah haji maupun umrah.  paket ibadah lainnya : umroh ramadhan >> umroh ramadhan 2018