Latest News

Daftar Travel Haji Umroh

Daftar Travel Haji Umroh

Kuota Haji Purbalingga Alami Pengurangan 253 Orang

KUOTA HAJI PURBALINGGAKuota jamaah haji asal Purbalingga tahun 2018, diperkirakan akan mengalami pengurangan yang jumlahnya cukup besar dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. pada 2017 lalu, jumlah jamaah haji asal Purbalingga itu tercatat sebanyak 813 orang yang diberangkatkan ke Tanah suci, Makkah dan Madinah. “Namun, sepertinya untuk tahun 2018 ini, diperkirakan hanya ada 560 orang calon haji yang akan diberangkatkan, atau berkurang menjadi 253 orang,” jelas Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Purbalingga yakni Ratmono.

Kuota Haji Purbalingga Alami Pengurangan 253 Orang

Dia mengatakan, bahwa mengenai kuota haji Purbalingga adanya pengurangan jumlah calon haji yang diberangkatkan itu terjadi karena mulai tahun 2018 ini, untuk kuota haji secara nasional sudah kembali normal seperti biasanya. “Pelaksanaan haji pada tahun ini memang ada penambahan jumlah calon jamaah haji, sebab kuotanya yang belum normal,” terangnya.

Sedangkan, untuk soal permasalahan proses pembuatan paspor, Ratmono mengatakan, hingga kini proses pembuatan paspor masih terus berjalan lancar. Termasuk dalam melakukan kegiatan pemotretan yang juga untuk memenuhi kebutuhan paspor, semua sudah tuntas dilaksanakan dengan baik, sejak beberapa waktu lalu. Kuota haji Purbalingga terjadi pengurangan sebanyak 253 orang.

“Semuanya berjalan lancar meski kuota haji pubalingga terjadi pengurangan, sebab dengan adanya kerja sama antara Kantor Kementerian Agama (Kemenag) dan pihak imigrasi, jadi dalam proses pemotretan tidak perlu dilakukan di Kantor Imigrasi Cilacap. Akan tetapi juga dapat dilakukan di Kantor Kemenag,” paparnya.

Dia menuturkan, adanya kerja sama ini baru berlangsung di Kabupaten  Purbalingga. Sedangkan di kabupaten lain di wilayah eks Karesidenan Banyumas seperti Kabupaten Cilacap, Banjarnegara, Banyumas, hingga kini masih terus melakukan pengurusan dan pemotretan di Kantor Imigrasi Cilacap.

Selanjutnya, untuk mengenai soal jadwal keberangkatan calon jamaah haji ke Tanah suci, Ratmonoo  menerangkan, bahwa hingga kini belum dapat memberikan kepastian sebab masih belum ditentukan oleh pihak Kantor wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Jawa Tengah (Jateng). “Namun, kalau untuk pemeberangkatan secara nasionalnya itu diperkirakan akan berlangsung mulai tanggal 17 Juli 2018,” ujarnya.

Dia juga mengingatkan, agar seluruh calon jamaah haji yang akan yang sudah daftar haji plus dan berangkat pada tahun 2018 ini, sudah mulai mempersiapkan segala sesuatunya, terutama kondisi kesehatan  agar dapat berangkat sesuai dengan jadwal yang akan ditentukan nantinya, “Kami juga sangat berharap agar jamaah calon haji yang sudag terdaftar masuk pemberangkatan pada tahun ini, agar dapat terus mengikuti perkembangan informasi,” katanya.

0 Response to "Kuota Haji Purbalingga Alami Pengurangan 253 Orang"