Latest News

Daftar Travel Haji Umroh

Daftar Travel Haji Umroh

Umroh Ramadhan Menyamai Haji

Umroh Ramadhan - Bulan suci Ramadhan merupakan Sayidus sahur atau bulan yang paling mulia jika dibandingkan dengan bulan-bulan Hijriyah lainnya. Pada bulan Ramadhan tersebut Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan melalui perantara malaikat Jibril AS. Al-Qur’an diturunkan pada malam tujuh belas di bulan Ramadhan pada saat Nabi Muhammad SAW bertahan di Gua Hiro di atas Jabal Nur dipinggiran Kota Makkah. Hal inilah yang sekaligus menandai diangkatnya Nabi Muhammad SAW sebagai rasul yang bertugas untuk dapat menyampaikan dakwah ketauhidan kepada umat manusia. Iqro’ yang bermakna “Bacalah”, merupakan ayat suci Al-Qur’an yang pertama kalinya turun kepada beliau, hingga pada akhirnya sampai ayat ke 5 dari surat Al-Alaq.

Umroh Ramadhan Menyamai Haji

Selain sebagai bulan dimana Al-Qur’an diturunkan, bulan Ramadhan ini juga sangat dimuliakan oleh Allah SWT, melebihi dari bulan-bulan lainny. Pada bulan ini seluruh umat Muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa yang merupakan sebagai sarana untuk membersihkan jiwa dan nafsu yang bersemayam dalam diri manusia. Pada bulan ini pun nilai pahala ibadah manusia akan dilipatgandakan, apabila sesorang melakukan suatu amal yang berderajat wajib maupun sunnah maka pahalanya itu akan dilipatgandakan dengan 70 kali amalan wajib di bulan lainnya, bahkan saat tidurnya orang yang melaksanakan ibadah puasa pun dinilai sebagai ibadah. Apalagi jika melaksanakan umroh Ramadhan, banyak sekali keutamaan yang akan diperoleh nantinya.

Lebih teristimewanya lagi di dalam bulan Ramadhan juga terdapat yang namanya malam istimewa, yakni malam Lailatul Qodar. Malam Lailatul Qodar yang apabila kita menjumpainya dalam keadaan beribadah, maka nilai pahlanya pun akan melebihi dari nilai seribu bulan. Subhanallah, sungguh sangat mulia sekali bulan Ramadhan itu. Sehingga, dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa seandainya diperbolehkan, para sahabat Nabi pun menginginkan bahwa sepanjang tahun adalah bulan Ramadhan, disebabkan begitu mulianya bulan Ramadhan itu, maka niscaya mereka akan menangis bersedih apabia akan ditinggalkan oleh bulan Ramadhan tersebut. Banyak umat Muslim yang memanfaatkan umroh Ramadhan di malam Lailatul Qodar.

Selanjutnya, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda kepada salah seorang wanita Ansor: “Mengapakah Anda tidak melaksanakan ibadah haji bersama kami? Wanita itu pun menjawab: “Kami hanya memiliki satu kendaraan dan telah dikendarai oleh suamiku dengan anaknya (putranya) da nada lagi seekor unta untuk menyiram kebun. Maka Nabi pun bersabda kepadanya: “Jika tiba bulan Ramadhan maka pergilah berumroh, sesungguhnya umroh di bulan Ramadhan bagaikan berhaji (menyamai ibadah haji). (HR. Bukhori Muslim), dan dalam riwayat Muslim ditambahkan “Menyamai haji bersamaku.”

Sungguh sangat besar sekali nilai pahaa yang terdapat pada bulan Ramadhan, sehingga ibadah umroh yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan nilai pahalanya itu setara dengan melaksanakan ibadah haji. Hadits ini pun dapat dijadikan sebagai landasan bahwa apabila kita mampu untuk melaksnakannya, maka ibadah umroh di bulan Ramadhan merupakan sebuah ibadah yang perlu kita prioritaskan. Meskipun hal itu tidak dapat menggugurkan kewajiban kita sebagai umat Muslim untuk menunaikan ibadah haji bagi yang musthathi’, akan tetapi dengan banyaknya berbagai kendala yang berkaitan dengan kuota jamaah haji, daftar tunggu yang lama, usia yang sudah semakin tua mungkin dapat dijadikan sebagai alternatif untuk dapat dilaksanakan. Meskipun kita tidak dipanggil haji dan panggilan itu juga tidak menjadi suatu bagian yang penting, tetapi setidaknya apabila kita ikhlas dan tulus dalam melaksanakannya serta telah memenuhi syarat dan rukunnya maka nilai pahalanya pun sudah sama dengan orang yang menunaikan ibadah haji. Wallahu’alam. Jnagan lewatkan untuk mendaftar paket umroh  [  paket umroh 2018  ]  paket umroh 2019 di travel resmi pilihan anda.

0 Response to "Umroh Ramadhan Menyamai Haji"