Latest News

Daftar Travel Haji Umroh

Daftar Travel Haji Umroh

Alat Bantu Elektrokardiografi dibutuhkan di Sektor

Alat bantu elektrokardiografi, Kepala Sub Seksi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Madinah yakni Ika Nurfarida Sholeh, ia berharap untuk masing-masing tiap sektor memiliki alat elektrokardiografi (EKG) yang merupakan sebagai alat bantu jantung dan nebulizer atau alat untuk melonggarkan saluran pernapasan.

Alat Bantu Elektrokardiografi dibutuhkan di Sektor

Dia mengatakan, bahwa alat bantu elektrokardiografi dibutuhkan di Sektor dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk di tiap sektor membutuhkan alat diagnostik agar dalam mengatasi atau melakukan tindakan darurat dapat dilakukan dengan cepat. Kedua alat tersebut, menurutnya, bukan hanya dibutuhkan di KKHI saja melainkan dimana saja.

Alat bantu elektrokardiografi dibutuhkan di Sektor. Pelayanan kesehatan di tiap sektor dilakukan oleh Tim Gerak Cepat (TGC) yang sifatnya bergerak (mobile). TGC selalu siaga di lima sektor yang berada di Daker Madinah.

"Kalau tidak juga terpenuhi pengadaan alat tersebut, itu artinya ya niat baik kita untuk mendekatkan pelayanan kepada jamaah dalam kasus emergensi yang sebenarnya masih bisa kita selamatkan dalam satu periode tertentu itu akan sedikit tertunda, pasalnya kaena tidak terpenuhinya alat yang yang dibutuhkan,," katanya.

Ika memaparkan bahwa akan menjadi suatu hambatan jika pengadaan dua alat itu tidak juga terpenuhi. Menurutnya, meskipun alat tersebut bukan solusi untuk seluruh permasalahan kesehatan yang ada di lapangan, tapi setidaknya dengan adanya alat itu bisa untuk menyelamatkan nyawa jamaah yang sedang menghadapi masalah jantung dan paru-paru. 

Pada tahun lalu kedua alat bantu tersebut memang tidak tersedia karena memang pelayanan kesehatan di sektor merupakan strategi baru pada tahun ini. Tahun-tahun yang sebelumnya tugas tim kesehatan dalam mmberikan pelayanannya.hanya berkunjung (visitasi) ke kloter-kloter. Tidak ada pelayanan darurat penyelamatan nyawa atau tempat melakukan kegiatan stabilisasi.

"Untuk tahun ini strateginya kita lebih meningkatkan akses ke jamaah agar lebih mudah untuk mendapatkan pertolongan segera, karena memang lihat dari angka statistik kasus yang terbanyak ditemukan adalah paru-paru dan jantung," ujar Ika.

Adapun manfaat dari alat elektro kardigrafi (EKG), sebagai berikut:

1.Merupakan standar emas untuk diagnosis aritmia jantung
2.EKG membantu menemukan gangguan elektrolit (misalnya hyperkalemia dan hypokalemia)
3.EKG dapat memandu dalam tingkatan terapi dan risiko bagi pasien yang dicurigai ada infark otot jantung akut
4.EKG memungkinkan penemuan abnormalitas konduksi (misalnya blok cabang berkas kanan dan kiri)
5.EKG digunakan sebagai alat tapis penyakit jantung 
6.EKG terkadang berguna untuk mendeteksi penyakit bukan jantung saja

0 Response to "Alat Bantu Elektrokardiografi dibutuhkan di Sektor"