Perencanaan perjalanan calhaj, Calon jamaah haji (calhaj) Indonesia untuk gelombang pertama akan berangkat ke Tanah Suci pada 28 Juli 2017 nanti. Sehari sebelum keberangkatan, jamaah calon haji akan masuk asrama haji Bekasi. Pada saat disana, mereka akan dilepas oleh sejumlah pejabat tinggi pemerintah, termasuk dari Menteri Agama (menag) yakni Lukman Hakim Saifuddin.


Perencanaan Perjalanan Calhaj Indonesia


Jamaah haji berangkat dari tanah air di Bandara Halim Perdana Kusumah, Jakarta. Selama perjalanan ke Saudi pastinya akan memakan waktu lama sekitar sembilan jam. Seluruh jamaah akan mengunakan penerbangan Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines. Itu merupakan perencanaan perjalanan calhaj yang akan menggunakan penerbangan tersebut.

Untuk perencanaan perjalanan calhaj yang sudah terjadwal untuk pemberangkatan awal yakni pada tanggal 28 Juli dan akhir pemberangkatan untuk gelombang satu pada 11 Agustus. Dimana nanti para jamaah akan tiba di Bandara Madinah dan akan menghabiskan hari di sana. Pada 31 Agustus, seluruh jamaah sudah harus berada di Arafah untuk melakukan wukuf.

Sedangkan perjalanan dari Madinah ke Makkah menempuh jarak 498 km. Lalu dari Makkah ke Arafah itu jaraknya sekitar 25 km. Pada saat nanti di Arafah, jamaah akan menuju ke Muzdalifah, kemudian ke Mina. Di Mina nanti para jamaah melakukan lempar jumrah.

Seusai jamaah dari Mina, mereka kembali ke Makkah, lalu mabit di Mina lagi dan kembali ke Mekkah. Untuk jamaah gelombang pertama akan kembali ke tanah air melalui Bandara King Abdul Aziz, dari Jeddah menuju Halim Perdana Kusumah.

Jamaah haji direncanakan akan kembali ke tanah air pada 6 September 2017. Merupakan akhir penerbangan pemulangan jamaah haji untuk gelombang pertama yakni pada 20 September. 

Sementara itu untuk gelombang kedua, jamaah haji akan terbang ke Makkah dulu. Telah direncanakan pada 12 Agustus dan akhir pada 26 Agustus 2017 untuk penerbangan pemberangkatan dari Halim Perdana Kusumah. 

Nah nanti Dari Makkah, jamaah langsung menunju ke Arafah untuk melakukan wukuf pada 31 Agustus. Setelah itu menuju Mudzdalifah dan Mina. Kemudian melakukan aktivitas ibadah di sana, jamaah akan ke Madinah. 

Dengan melalui Bandara Madinah Jamaah gelombang dua terbang pulang ke tanah air lalu menuju ke Halim Perdana Kusumah. Sedangkan jadwal kepulangan awal untuk gelombang kedua yakni pada 21 September dan akhir pemulangan yakni pada 5 Oktober.